Saturday 15 June 2013

KIZUNA PROJECT BY HANA RAMADHANTI

                                                                        JEPANG


Pada 11 Maret 2011, dunia seakan dikejutkan dengan berita tentang bencana gempa bumi maha dahsyat yang disusul dengan tsunami di Jepang. Media menggambarkan dan menceritakan bagaimana porak poranda nya negara Jepang pasca ditimpa oleh bencana alam tersebut. Tahun 2011 sepertinya menjadi tahun yang sangat menyedihkan bagi Jepang, tak hanya akibat dari bencana alam yang mengusik Jepang, berbagai isu miring yang berkaitan dengan kebocoran nuklir merebak di dunia Internasional. Sekali lagi, Jepang berduka....
kejadian-kejadian diatas tak pelak membuat saya berfikir, akankah Jepang tetap bisa menjadi negara yang selama ini saya tahu dan pelajari? ataukah Jepang yang begitu kuat dan kokoh akan menjadi tidak berdaya?


Dan...........tahun ini, tepatnya tanggal 17-27 februari 2013, saya merupakan salah seorang yang beruntung untuk menjadi bagan dari KIZUNA BOND PROJECT BATCH 3. Saya diberikan kesempatan langsung untuk melihat bagaimana Jepang bangkit, secara langsung.


"Seperti apa kerusakan yang terjadi pasca Gempa dan Tsunami?"
PARAH. rumah rubuh dan jalanan hancur sudah pasti terjadi dimana-mana. saluran listrik dan air yang mengalami kerusakan sangat parah. terjadi juga fenomena pencairan tanah, jalanan patah ditengah-tengah.
kira-kira itulah gambaran yang diceritakan kepada kita selama di Jepang. namun keadaan saat saya sampai disana justru sangat jauh dari penggambaran. Jepang telah pulih. meski masih ada dilakukan perbaikan-perbaikan, namun kondisi Jepang sudah sangat baik. saya sendiri hampir tidak mempercayai apa yang saya lihat. Sangat-sangat berbeda dari Indonesia. mungkin jika bencana ini terjadi di Indonesia, tak mungkin kita dapat melakukan perbaikan seperti ini dalam waktu dua tahun.

"Bagaimana keadaan masyarakat di Jepang?"
Sungguh, masyarakat Jepang sangat kuat. Dari mulai pelajar SMA sampai mereka yang usianya sudah tidak muda lagi. Saya sangat mengagumi masyarakat Jepang. banyak sekali yang dapat menjadi teladan dari seorang warga Jepang. Masyarakat Jepang ramah, baik, sopan, tepat waktu dan mereka tak pernah lupa terhadap budaya mereka. Bahkan mereka sangat tabah, kuat dan ceria walau saya tahu, masyarakat Jepang pasti sedih dan pasti terluka bila mengingat tragedi gempa dan tsunami. sungguh, saya benar-benar belajar banyak dari kepribadian masyarakat Jepang.


"Bagaimana makanan dan minuman di Jepang?"
Menyehatkan. Semua issue yang tersebar di dunia Internasional bahwa makanan dari Jepang tidak sehat akibat tercemar oleh kebocoran PLTN fukushima, nyatanya salah besar. Justru ada cerita sedih dibalik ini. Ketika tersebar issue tentang kebocoran nuklir, hasil pertanian di Jepang tak dapat di ekspor, alhasil hasil pertanian hanya diberikan kepada pengungsi. bisa dibayangkan bagaimana keadaan perekonomian Jepang pasca bencana.

"Bagaimana cara menanggulangi bencana di Jepang?"
Jepang paham dan engerti dengan sangat bahwa negara nya adalah negara rawan bencana. hal ini membuat masyarakat paham bahwa sebagai masyarakat Jepang mereka harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk menghadapi bencana (terutama gempa) untuk meminimalisir kerusakan dan korban jwa. Tidak hanya masyarakatnya yang aware dengan keadaan ini, pemerintah juga emberikan perhatian yang amat besar. inilah mengapa, bangunan di Jepang selalu dilengkapi dengan jalur evakuasi dan setiap wisatawan yang datang harus diberitahu bagaimana menggunakan jalur evakuasi ini. Bahkan beberapa gedung sudah di design agar tidak rubuh saat terjadi gempa. menurut saya metode ini bisa digunakan di Indonesia, mengingat negara kita juga termasuk negaa rawan bencana.


Begitu banyak pelajaran yang saya dapat dalam perjalanan singkat saya di Jepang. Jepang adalah negara yang hebat dan sungguh, masyarakatnya adalah masyarakat luar biasa. banyak sekali teladan yang dapat kita jadikan contoh. baik dalam bersikap sehari-hari, maupun dengan ketegaran hatinya ketika menghadapi bencana. Ikatan antara pemerintah dan masyarakatnya terjalin begitu kuat. saya yakin, ini adalah salah satu alasan mengapa Jepang bisa menjadi Jepang yang sekarang.


GO VISIT JAPAN :)
you can learn so many things in Japan and come home with no regrets.


Thank you Japan, for giving me the greatest journey and experience
                         



                                               KIZUNA BOND PROJECT BATCH 3

No comments:

Post a Comment